Jenis-Jenis Tomat

Jenis-Jenis Tomat - Hallo sahabat cikbedscorner, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jenis-Jenis Tomat, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Informasi Umum, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Jenis-Jenis Tomat
link : Jenis-Jenis Tomat

Baca juga


Jenis-Jenis Tomat



Tahukan Anda bahwa terdapat berbagai varian atau jenis tomat yang berhasil dibudidayakan di seluruh dunia. Umumnya jenis-jenis tomat didasarkan pada ketinggian tanaman, penampilan, dan kegunaannya.

Berdasarkan ketinggian tanamannya, jensi tomat dibagi menjadi 3 golongan utama, yaitu :

1. Determinate

Golongan ini merupakan yang terpendek diantara flora tomat, yakni hanya berkisar antara 50-80 cm saja. Golongan ini tidak sanggup tumbuh tinggi alasannya yaitu ujung tanamannya diakhiri dengan rangkaian bunga. Jenis ini relatif mempunyai umur sangat pendek sehingga sanggup cepat dipanen.

2. Intermediate

Pohon Tomat dengan golongan ini termasuk relatif tinggi dan sanggup tumbuh sampai mencapai 2m. Namun demikian, meskipun batang tanamannya relatif tinggi umurnya hanya berkisar 4 bulan saja.

3. Hybrida

Golongan ini merupakan hasil persilangan antara golongan determinate dengan intermediate. Karena merupakan persilanngan antara keduanya, varietas ini mempunyai sifat dari keduanya.




Selain dikelompokkan menurut bentuk fisik tanamannya, jenis buah tomat juga banyak ditentukan menurut bentuk buah dan juga kegunaannya. Beberapa jenis tomat yang lazim dikenal di masyarakat yaitu sebagai berikut :

1. Tomat Plum

Sesuai dengan namanya, penampilan tomat ini menyerupai buah plum. Bentuknya lingkaran lonjong, dagingnya berbagai mengandung air dan mempunyai permukaan kulit yang tipis.

Tomat plum umumnya digunakan untuk tumisan dan masakan yang membutuhkan waktu memasak yang relatif usang menyerupai menciptakan saos tomat dan diolah sebagai jus tomat.



2. Tomat Beef

Tomat beef ini mempunyai bentuk yang paling besar jikalau dibandingkan dengan jenis lainnya. Karena ukurannya yang besar tomat jenis ini sering kali digunakan untuk menciptakan sandwich atau hamburger. Tapi tidak jarang juga para chef menggunakannya untuk materi tumisan atau masakan lain yang memerlukan tomat dalam ukuran besar.



3. Tomat Ceri

Tomat ini bentuknya kecil agak lonjong. Ketika masih muda warnanya hijau pucat dan dikala sudah masak warnanya menjelma orange ke merahan. Rasanya dagingnya cukup manis, dan mengandung juice yang cukup banyak.

Umumnya digunakan sebagai suplemen salad atau dimakan dalam keadaan segar.


4. Tomat Hijau

Sesuai dengan namanya, tomat ini berwarna hijau, teksturnya agak keras alasannya yaitu mempunyai kandungan air yang sedikit. Sebenarnya tomat hijau yaitu tomat yang dipanen sebelum masak.

Biasanya digunakan sebagai materi tumisan alasannya yaitu rasanya yang cenderung segar.


5. Tomat Pear

Jens tomat ini memang menyerupai dengan buah pear (seperti air mata yang jatuh) hanya saja bentuknya jauh lebih kecil dari buah Pear. Memiliki warna beraneka ragam, mulai dari merah, orange, dan kuning dan rasanya cukup manis.

Umumnya dikonsumsi pribadi atau ditambahkan sebagai materi suplemen salad. Tomat jenis ini kurang terkenal di Indonesia.


6. Tomat Anggur

Tomat Anggur merupakan varian tomat yang paling kecil diantara lainnya. Berbeda dengan tomat ceri yang cenderung lebih lonjong, bentuk tomat anggur cenderung lebih lingkaran dan lebih kecil.

Karena rasanya yang cukup manis, tomat anggur sering kali dikonsumsi secara pribadi ataupun digunakan sebagai salad. Sering kali dikala di jual warnanya kuning dan merah. Tomat jenis ini juga jarang dijumpai di Indonesia.


Nah, memang ada berbagai jenis tomat. Semuanya mempunyai karakteristiknya sendiri-sendiri. Anda tidak perlu resah dalam menentukan jenis-jenis tomat untuk dikonsumsi alasannya yaitu semuanya baik untuk kesehatan Anda. Sudahkah Anda mengkonsumsi tomat hari ini?


Demikianlah Artikel Jenis-Jenis Tomat

Sekianlah artikel Jenis-Jenis Tomat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Jenis-Jenis Tomat dengan alamat link https://cikbedscorner.blogspot.com/2020/07/jenis-jenis-tomat.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel