Apa Itu Lycopene?

Apa Itu Lycopene? - Hallo sahabat cikbedscorner, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apa Itu Lycopene?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kandungan Tomat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa Itu Lycopene?
link : Apa Itu Lycopene?

Baca juga


Apa Itu Lycopene?

 Seringkali saat membaca artikel wacana  Apa itu Lycopene?
Seringkali saat membaca artikel wacana manfaat buah tomat atau vitamin dalam buah tomat, kita mendengar wacana lycopene. Sebenarnya apa itu lycopene dan bagaimana efeknya pada badan manusia?

Sebenarnya lycopene (C40H56)  masih tergolong dalam keluarga carotenoids. Zat ini mempunyai struktur yang terdiri dari rantai panjang dari ikatan rangkap terkonjugasi, dengan dua cincin ujung terbuka. Struktur lycopene merupakan yang terpanjang dari semua jenis carotenoids.

Sumber Lycopene 

Lycopene ialah pigment merah dari tomat yang sudah matang. Tomat memperlihatkan donasi lebih dari 85% dari asupan likopen yang dibutuhkan badan sehari-hari. Selain dalam buah tomat yang sudah masak, lycopene juga ditemukan dalam jambu biji, jeruk bali dan semangka.

Lycopene merupakan zat yang tidak berbahaya dan sangat kondusif untuk dikonsumsi. Namun demikian keadaan overdosis lycopene pernah dilaporkan pada perempuan paruh baya yang mengkonsumsi 2 liter jus tomat setiap hari. Karena kebiasaannya ini kulitnya menjelma orange (keadaan ini sering kali disebut sebagai lycopenodermia). Setelah menjalani diet selama 3 ahad dengan mengurangi asupan jus tomat yang dikonsumsi, warna kulitnya normal kembali.


Manfaat Kesehatan dari Konsumsi Lycopene

Lycopene ialah antioksidan yang sangat efisien, yang sanggup menetralkan radikal. Kerusakan yang ditimbulkan akhir radikal bebas merupakan salah satu penyebab utama munculnya penyakit ibarat penyakit jantung, penuaan dini, kanker dan katarak. Lycopene telah usang dikonsumsi sebagai tindakan prefentif untuk mencegah munculnya kanker prostat.

Selain sebagai antioksidan yang membantu badan untuk menangkal radikal bebas, lycopene juga mempunyai sifat anti basil dan anti jamur. Lycopene sanggup membantu mengurangi peradangan pada gusi dan sanggup membantu ntuk melawan infeksi. Dalam sebuah penelitian karenanya juga memperlihatkan bahwa lycopene memiliki sifat antitoksin terhadap toksin banyak ibarat aflatoksin, siklosporin dan kadmium.


Masih banyak kegunaan lycopene yang sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Jadi, jangan ragu untuk selalu mengkonsumsi buah tomat asalkan tidak berlebihan


Referensi :
Phytochemicals.info/phytochemicals/lycopene.php
Bhia.org/lycopene.htm
Wikipedia.com/


Demikianlah Artikel Apa Itu Lycopene?

Sekianlah artikel Apa Itu Lycopene? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Apa Itu Lycopene? dengan alamat link https://cikbedscorner.blogspot.com/2020/06/apa-itu-lycopene.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel