Pengaruh Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Tumbuhan Tomat

Pengaruh Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Tumbuhan Tomat - Hallo sahabat cikbedscorner, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengaruh Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Tumbuhan Tomat, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel tomat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengaruh Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Tumbuhan Tomat
link : Pengaruh Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Tumbuhan Tomat

Baca juga


Pengaruh Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Tumbuhan Tomat

Ada beberapa hasil penelitian yang mengatakan imbas pupuk organik terhadap pertumbuhan tumbuhan tomat. Salah satu hasil penelitian itu dapat anda di Jurnal AGRIFOR Volume XIV Nomor 1, Maret 2015 yang ditulis oleh Maryanto dan Abdul Rahmi dari fakultas pertanian Fakultas Pertanian, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Pada penelitian tersebut dilakukan percobaan kombinasi penggunaan 3 jenis pupuk organik yakni; sangkar ayam, sapi dan trikoderma. Untuk pembaca ketahui, trikoderma adalah; mikroorganisme sejenis jamur, dapat diisolasi dan sangat sering dipakai sebagai pupuk organik. Trichoderma SP cukup banyak dijual dipasaran, sebab memang diaplikasikan secara luas untuk banyak sekali tumbuhan pertanian dan perkebunan. Salah satu rujukan merek trichoderma yang dijual dipasaran ialah Glio, Tricom-TM dan lain-lain. Harga pasaran Agen Trichoderma ketika ini sekitar Rp. 100.000/ Kg, tersedia juga dalam kemasan lebih kecil Rp. 10.000/ 100 gr.



Dari banyak hasil penelitian menujukkan bahwa penggunaan trichoderma sebagai pupuk organik jauh lebih efektif daripada penggunaan pupuk sangkar (baik sangkar ayam maupun sapi). Pada penelitian Maryanto dan bdul Rahmi tersebut terang terlihat bahwa dengan memakai trichoderma mereka menghasilkan berat buah tomat yang lebih besar dan berat kalau dibandikang dengan hanya memakai pupuk sangkar sapi ataupun ayam.

Pupuk sangkar lebih cocok dipakai untuk pertumbuhan batang dan daun tomat, bukan untuk stimulasi pertumbuhan bunga dan buah. Bila ingin lebih efektif lakukan kombinasi pemberian pupuk sangkar dan trichoderma pada ketika yang tepat. Pada masa 2 – 4 ahad pupuk tomat dengan pupuk sangkar dan ketika 6 – 8 ahad beri trichoderma.

Berikut ini tampilan tabel hasil penelitian imbas pupuk organik terhadap pertumbuhan tumbuhan tomat tersebut:
Ada beberapa hasil penelitian yang mengatakan imbas pupuk organik terhadap pertumbuhan Pengaruh pupuk organik terhadap pertumbuhan tumbuhan tomat

Yang distabilo hijau ialah perlakuan dengan menggnakan pupuk sangkar ayam, dan stabilo kuning ialah hasil dengan pemberian trichoderma terhadap tumbuhan tomat. Dosis yang menghasilkan buah terberat ialah dengan pemberian pupuk organik 30 ton/ ha. Jika dihitung dengan hitung-hitungan hemat maka perlakuan paling hemat ialah dengan pada takaran pupuk tomat organik 20 ton/ ha. Jika kita hanya ingin menanam tomat dalam pot di halaman rumah maka lakukan saja pemupukan dengan takaran terbaik. 



Demikianlah sekilas paparan ihwal imbas pupuk organik terhadap tumbuhan tomat, lebih detail ihwal takaran pupuk, waktu pemberian serta jenis kombinasi yang sempurna dapat anda simpulkan sendiri dari gambar tabel diatas. Semoga bermanfaat..


Demikianlah Artikel Pengaruh Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Tumbuhan Tomat

Sekianlah artikel Pengaruh Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Tumbuhan Tomat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengaruh Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Tumbuhan Tomat dengan alamat link https://cikbedscorner.blogspot.com/2010/06/pengaruh-pupuk-organik-terhadap.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel