Budidaya Tomat

Budidaya Tomat - Hallo sahabat cikbedscorner, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Budidaya Tomat, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel tanam-biji, Artikel tomat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Budidaya Tomat
link : Budidaya Tomat

Baca juga


Budidaya Tomat

1. Perencanaan Usaha Budidaya Tomat

Langkah awal, lakukan terlebih dahulu perencanaan terutama terkait Analisa rugi keuntungan budidaya tomat yang pernah terjadi di sekitar kita. Cara paling gampang yakni bertanya kepada petani setempat yang telah beberapa kali menanam tomat dengan skala budidaya hampir sama dengan luas lahan yang kita miliki. Tahapan perencanaan menyerupai ini sangat penting untuk memahami citra umum resiko dan keuntungan yang mungkin didapat nantinya.

Perlu kita pahami bawha hasil keuntungan / rugi budidaya tomat berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Contohnya; keuntukngan didapat petani tomat di Tanah Karo niscaya berbeda dengan petani di Deli Serdang, walaupun mereka menanam pada skala lahan yang sama. Hal ini sanggup terjadi sebab banyak faktor yang mempengaruhi produksi, dan keuntungan rugi menanam tomat. Beberapa faktor pembeda tersebut diantaranya:
  • Sewa lahan berbeda antar daerah
  • Perbedaan Harga pupuk dan obat/ pestisida
  • Iklim dan cuaca
  • Tingkat kesuburan / ph tanah
  • Perbedaan upah Tenaha kerja.
  • Dll
 lakukan terlebih dahulu perencanaan terutama terkait Analisa rugi keuntungan budidaya tomat yan Budidaya Tomat

Namun demikian kita juga sanggup menelaah laporan Analisa keuntungan rugi budidaya flora tomat pada makalah artikel sebelumnya sekedar sebagai pembanding (gambaran umum), teladan Analisa tersebut sanggup kita lihat di sini.



2. Menyemai Benih/ biji untuk Bibit

Setelah tahap perencanaan matang dan resiko dipahami dengan baik, maka selanjunya lakukan persiapan pembibitan. Semai benih tomat unggul untuk dijadikan bibi, cara penyemaian sanggup dilakukan sebagai berikut.

  1. Siapkan media persemaian, adonan tanah humus dengan pupuk kendang perbandingan 1:1, media semai tomat biasa juga dibentuk alam bentuk box tray (kotak persemaian).
  2. Lobangi plastik pembungkus bibit tomat bibit unggul unggul, rendam dengan air hangat selama 5 menit. Bagan cara semai menyerupai ini sanggup dilihat di sini.
  3. Taburkan biji tomat pada media persemaian
  4. Letakkan di tempat yang teduh, terhindar dari cahaya matahari eksklusif dan juga air hujan yang sanggup merusak tunas muda tomat.
  5. Lakukan penyiraman tray seperlunya (biasanya sekali sehari di sore hari)
  6. Bibit sanggup dipindahkan ke polybag/ eksklusif tanam sehabis bibit tumbuh dan mempunyai 5 helai daun (kurang lebih 21 hari sehabis semai)

3. Penanaman ke lahan budidaya

Pada ahad kedua sehabis penyemaian kita sudah sanggup menyiapkan lahan budidaya tomat yang akan digunakan. Teknik pengolahan lahan sama dengan Teknik budidaya cabai dengan mulsa yang sudah pernah ditulis di sini, langkahnya:

  1. Bersihkan lahan budidaya dari gulma/ flora sebelumnya, sebaiknya guakan racun biji (herbisida) hal ini akan membantu petani menghemat biaya penyiangan nantinya.
  2. Lahan yang telah higienis digemburkan, selanjutnya tanah gembur tersebut dicampur dengan pupuk kendang. Jika tanah di tempat kita cenderung ber PH tinggi/ rendah maka tambahkan juga sedikit tepung dolomite di tabur secara merata ke seluruh area budidaya tomat. Sat ini juga dilakukan derma pupuk dasar berupa NPK 15-15-15 minimal 500 Kg/ Ha.
  3. Biarkan lahan selama sehari semalam
  4. Lakuka pembedengan, selanjutnya pasang mulsa.
  5. Biarkan bedengan tertutup mulsa selama minimal 1 hari
  6. Lobangi mulsa dengan diameter 15 cm dengan jarak 30 cm
  7. Tanam bibit tomat dengan merobek plastik polybag bibit.
  8. Hari pertama sehabis tanam perhatikan kondisi cuaca, jikalau terik panas maka lakukan penyiraman di sore hari.



4. Pemupukan pada budidaya tomat

Pemupukan pertama kali dilakukan 14 hari sehabis tanam di lahan budidaya. Adapun pupuk yang diberikan pada tomat umumnya yakni NPK 15-15-15 saja, pemanis lain kadang diberikan melalui penyemprotan zat pengatur tumbuh berupa antracol dll. Pemupukan pertama sehabis tanam ini sanggup diberi secara kocor dengan cara melarutkan NPK dengan takaran 500 kg/ ha. Pemupukan selanjutnya dilakukan 2 ahad sekali. Efisiensi dan efektifitas pemupukan tomat ini sanggup anda lihat di sini.

5. Penganan Hama penyakit

Setiap budidaya niscaya mengundang hama, tidak ada pertanian tampa hama sama sekali. Untuk itu setiap kita perlu memahami jenis-jenis hama penyakit flora tomat beserta jenis pestisida (insectisida/ fungisida) yang sempurna menangani hama tersebut. Pemahaman wacana jenis merek pestisida telah di jelaskan di sini (merek pestisida tomat), dilengkapi dengan jenis hama yang ditanganinya. Hama paling umum flora tomat yakni kutu thrips dan jamur hawar daun.

6. Perawatan dan pemasangan penyangga

Tanaman tomat butuh penyangga, biasanya dipakai bilah-bilah bamboo yang dibentangi tali raffia. Jarak penyanggak sekitar 1 bantang penyangga / 75 cm (3 penyangga / jarak 2 meter). Perawatan yang paling penting dilaksanakan pada budidaya tomat yakni pemangkasan daun dan tunas tomat, adapun daun yang dipangkas yakni daun yang menutupi buah tomat, menutupi cabang buah (bunga), daun renta menguning dan beberapa tunas yang tumbuh di batang utama. Selengkapnya baca Teknik pemgangkasan daun tomat.

7. Panen

Secara umum tomat bibit unggul ketika ini mempunyai masa panen yang cepat yakni siap panen di umur 3 malah ada beberapa varietas yang siap panen pada umur 2,5 bulan sehabis tanam. Tangani panen ini secara baik, prediksi kondisi pasar dengan jeli. Jika rasanya buah sanggup ditahan di pohon ketika harga murah maka tahan saja dulu, namun jikalau kematangan buah sudah sangat merata artinya panen sudah tidak sanggup lagi ditunda. Penanganan panen yag tidak sempurna kadang menciptakan rugi perjuangan budidaya tomat.

Bacaan:
_http://kalbar.litbang.pertanian.go.id/images/stories/leaflet/budidaya_tomat.pdf


Demikianlah Artikel Budidaya Tomat

Sekianlah artikel Budidaya Tomat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Budidaya Tomat dengan alamat link https://cikbedscorner.blogspot.com/2010/06/budidaya-tomat.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel